Pasukan Belanda memasuki Wilayah RI Dalam Agresi Militer Pertama tanggal 21 Juli 1947 (Sum

PASUKAN BELANDA MEMASUKI WILAYAH RI DALAM AGRESI MILITER PERTAMA TANGGAL 21 JULI 1947

Pada hari ini tanggal 21 Juli 2021 tepatnya  74 tahun silam , 21 Juli 1947 terjadi peristiwa besar yakni “Operatie Product” atau “Agresi Militer Belanda I” serangan pertama kali yang dilakukan Belanda terhadap kedaulatan Indonesia dengan menginvasi Pulau Jawa dan Sumatera. Gubernur Jenderal van Mook, menyatakan bahwa Perundingan Lingggarjati (25 Maret 1947) sudah tidak berlaku lagi.

Tujuan utama agresi militer Belanda adalah merebut daerah-daerah perkebunan yang kaya dan memiliki sumber daya alam. Dalam operasi tsb Belanda berhasil menerobos ke daerah-daerah yang dikuasai oleh Republik Indonesia di Sumatra, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Tentara Belanda bergerak untuk menduduki wilayah Jakarta, Bandung, Surabaya dan Semarang.

 Yogyakarta menjadi salah satu daerah yang menjadi sasaran utama Belanda dalam Agresi Militer Belanda I. Kota ini diserang dari udara dan menimbulkan banyak  korban jiwa dari kalangan rakyat


Langkah Pemerintah Indonesia mengadukan kpd PBB, yg dinilai Belanda telah melanggar perjanjian internasional (Persetujuan Linggarjati). Atas desakan dan tekanan dunia internasional, PBB mengeluarkan Resolusi No. 27 tertanggal 1 Agustus 1947 yg isinya menyerukan agar konflik senjata dihentikan, selain itu PBB mengakui eksistensi RI dengan menyebut nama Indonesia bukan lagi nama "Nederland Indies" atau "Hindia Belanda".

Akhirnya pada tanggal 15 Agustus 1947 Belanda menerima resolusi dan menghentikan pertempuran.


(Balakdokjarah Disjarahad)

Get in Touch
 
28.jpg
 
29.jpg
 
30.jpg
 
31.jpg
 
32.jpg
 
33.jpg
 
34.jpg